
Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi
Pembelajaran berbasis teknologi sangat menunjang upaya pencapaian tujuan pembelajaran. Teknologi membantu guru dalam pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi efektif dan efisien. Kehadiran teknologi menjadikan pembelajaran tidak monoton, pembelajaran menjadi lebih menarik dan merangsang perhatian dan konsentrasi peserta didik. Dalam proses pembelajarannyapun, kehadiran teknologi memudahkan guru menyampaikan materi pembelajaran dengan bantun media teknologi seperti proyektor dengan ditunjang berbagai aplikasi yang dapat membantu proses pembelajaran.
Terlepas dari kelebihan teknologi dalam pembelajaran, masih terdapat celah yang menjadi keresahan, karena tidak semua pihak dapat menerima dan mengikuti perkembangan teknologi dalam pembelajaran. Di beberapa sekolah/madrasah, masih terjadi ketimpangan dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Guru masih memanfaatkan sarana seadanya dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Tidak dapat dipungkiri bahwa memang faktor finansial menjadi hambatan utama dalam penyediaan sarana dan prasarana teknologi informasi dan komunikasi. Selain juga faktor komptensi guru yang memang tidak menguasai teknologinya. Pada kondisi demikian, semangat guru dalam mendidik dan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran tetap harus mendapatkan apresiasi setingg-tingginya yang tetap dan selalu berusaha mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Walau bagaimanapun, teknologi hanyalah alat untuk mencapai tujuan. Apapun kondisinya, apapun alatnya, tidak perlu protes, karena kehidupan akan terus jalan, tetap semangat dan bahagia untuk semua guru dan peserta didik.
MTs Nurul Huda Sukaraja, sebagai lembaga layanan yang bergelut dalam dunia pendidikan berbasis pondok pesantren berupaya menerapkan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Dalam pembelajaran berbasis teknologi ini, madrasah tidak mewajibkan peserta didiknya memiliki laptop atau noteboke atau handphone, tetapi fasilitas pembelajaran berbasis teknologi disediakan oleh madrasah. Dengan pembelajaran berbasis teknologi, peserta didik diharapkan telah mengenal perkembangan teknologi dan mampu mengoperasikan beberapa aplikasi yang bermanfaat untuk menunjang pencapaian kompetensi. Untuk mengantisipasi kekhwatiran akan kecanduan peserta didik pada teknologi, maka sangat diperlukan perhatian dan pengawasan dari guru dan orang tua untuk menunjang pembentukan pola pikir dan karakter peserta didik.
Komentar
pendidikan harus tetap berjalan semestinya dengan memanfaatkan perkembangan teknologi. sehingga perkembangan teknologi dapat berjalan beriringan dengan pendidikan. keren sekali artikel ini. sangat informatif. tien - dutaacademy.com
Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Hikmah Ramadhan di Era Digital
Ramadhan Tahun 1443H/2022M masih dalam bayang-bayang Pandemi Covid-19, sehingga dalam pelaksanaan ibadah Ramadhan tetap harus memperhatikan protokol kesehatan. Hal ini selalu diingatkan
Ujian Praktik Madrasah Tahun Pelajaran 2021/2022
Pembelajaran di madrasah mencakup aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan, maka setelah dilakukan proses pembelajaran, dilaksanakanlah proses penilaian yang mencakup ketiga aspek ter
Kepramukaan Ekstrakurikuler Wajib
Kepramukaan menjadi kegiatan ekstrakurikuler wajib di MTs Nurul Huda Sukaraja. Kegiatan kepramukaan aktif diikuti oleh seluruh peserta didik dan dilaksanakan setiap hari Sabtu pagi. Kep
CBT Seleksi Nasional Peserta Didik Baru MAN Insan Cendekia
Tahun pelajaran 2021/2022, bertempat di Laboratorium Komputer MTs Nurul Huda Sukaraja, ada sebanyak 8 orang peserta didik MTs Nurul Huda Sukaraja mengikuti CBT Seleksi Nasional Peserta
PERINGATAN HARI BAPAK PANDU DUNIA KE-165 TAHUN 2022
Pada 22 Februari, MTs Nurul Huda Sukaraja melaksanakan kegiatan peringatan Hari Bapak Pandu dunia atau disebut Scouts Founder’s Day. Kegiatan ini juga diperingati oleh seluruh a
Kegiatan Pembiasaan Nol Jam Pelajaran
Pembiasaan nol jam pelajaran dilaksanakan setiap pagi sebelum pembelajaran dimulai. Kegiatan nol jam pelajaran diawali dengan berdoa bersama dengan membaca Surat Al-Fatihah, Surat Al-
Silaturrahiim di tempat Pembina Pramuka MTs Nurul huda
Kepala Madrasah Mukhamad Fathoni, M.Pd.I. beserta dewan guru bersilaturrahiim di tempat Ustadz Muhammad Yazid Masykur yang telah melangsungkan pernikahan pada tanggal 09 Januari 2022, s
Pemilihan Ketua dan Wakil Iksan MTs Nurul Huda Sukaraja 2021/2022
Panitia PILIKSAN Madrasah melakukan perhitungan surat suara yang telah dicoblos yang disaksikan oleh dewan guru dan semua santri. Dari hasil perhitungan suara DINA ASTRIA OKTAVIANA
Pemilihan Guru Terbaik Tahun 2021
Hari Jum’at, 17 Desember 2021; bertempat di halaman madrasah dilaksanakan kegiatan pemberian penghargaan untuk guru-guru pilihan santri dengan kategori: Guru Teladan/Panutan, Guru
PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL 2021
Kepala Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Sukaraja memberikan kartu tanda peserta ujian pada perwakilan siswa secara simbolis saat Pembukaan Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil 2021 di ha
Terimakasih infonya, pembelajaran zaman sekarang pastinya tidak akan terlepas dari teknologi. Berbagai macam teknologi selalu berkembang seiring waktu ke waktu dan semakin inovatif. Jasa HIMS merupakan jasa sistem informasi yang digunakan untuk mengelola dan memproses data terkait sumber daya manusia di suatu perusahaan.